Senin, 14 Maret 2016

Ponorogo dan Secuil Ceritanya

Ponorogo merupakan sebuah kota kecil di pojok Selatan, bagian utara berbatasan dengan Magetan, Madiun. Sisi Selatan berbatasan dengan Pacitan dan Laut sisi Barat berbatasan dengan Purwantoro Jawa Tengah sedangkan sisi Timur berbatasan dengan Trenggalek.

      Ponorogo memiliki objek wisata yaitu Telaga Ngebel diresmikan tahun 2008, bukan hanya sebagai tempat rekreasi saja, namun berguna juga untuk pembangkit tenaga listrik, perternakan ikan, dan pengairan tanaman warga sekitar. Danau alam itu terletrak di kaki Gunung Wilis, tepatnya di wilayah Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Telaga itu juga menyimpan legenda lama yang berbau mistis perihal sesosok naga bernama Baru Klinting. Banyak versi yang menceritakan tentang sosok Naga tersebut. Sepaham saya dan yang paling saya pribadi sukai inti dari cerita tersebut adalah mengajarkan masyarakat agar tidak bersikap sombong terhadap sesama, recommended lah. Apalagi di sana ketika musim Nangka wuidih manis, gurih, legit rasa daging buahnya pokoknya menjadi pengalaman tak terlupakan, bahkan banyak pengunjung yang rela merogoh goceng untuk membeli lebih buah Nangka guna dijadikan oleh-oleh sanak family.




      Sedangkan untuk menu kuliner banyak sekali pilihan, apalagi bagi kaum petualang maupun pelancong. kalau saya pribadi pengalaman hidup dijalan lebih asyik kalau kulineran modelnya dengan system random, jadi ndak usah cari referensi langsung aja jika lapar melanda cari aja warung yang cocok dan gunakan insting untuk menemukan atau lebih mengexplore indrawi, kadang kita akan menemukan tempat baru yang lebih eksotis  dari apa yang sekedar di sarankan mbah google, hehe.


      Soal makanan uwenak yang lebih bersifat buah tangan khas Ponorogo hukumnya wajib dah beli ! hihi.  Jenang Mirah memang  jenang buatan rumah yang dulu namanya ibu Mirah. Letak tokonya di Josari kecamatan Jetis. Jenangnya banyak macemnya, ada Jenang Bata, Ketan, Madumongso, Dodol bahkan ada kripik buah yang lagi ngehits misal kripik Buah Nangka, Buah Apel, Buah Mangga yang menggunakan metodi pengeringan dengan mesin pengering modern sekali proses, jadi tidak menghilangkan cita rasa buahnya. Masih banyak jajan khas Ponorogo lain yang dijual di toko ini. Banyak yang sudah membuktikan yang sekali nyoba ini jenang dijamin pengen nyoba lagi dah, kalau saya lebih suka yang ketan soalnya bisa melar kaya permen karet dan mak nyus gitu. Believe or not? Wajib mampir dah.
     

0 komentar:

Posting Komentar