Selasa, 08 Desember 2015

Rayanya Sastrawan UIN Sunan Kalijaga

            Banyak civitas akademia sekarang ini lebih intens untuk mengenal budaya pop, mulai dari selalu update berita terkini soal gadget, fashion, penampilan yang terkadang jauh dari kesan artistic hanya sekedar terbawa arus. Bolehlah sekali-kali melangkahkan kaki tilik ke salah satu event kampus (ini nge-hits banget). Nah , eventnya itu ialah E(k)SKAvasi: Teater Eska Archive Exhibition. Event ini adalah perayaan ulang tahun dari salah satu organisasi Teater Eska (35 thn).


E(k)SKAvasi  sendiri adalah momen untuk menandai masih terus berkaryanya penggiat teater ini. Mulanya ide mengambil tema (ekskavasi) sebenarnya disadur dari keilmuan arkeologi yang bermakna penggalian ditempat tertentu dan mengandung benda-benda purbakala. Ekskavasi sebenarnya ditujukan untuk merespon rancang-bangun konsep pameran arsip yang dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2015 banyak yang dipamerkan mulai dari poster, foto video, ratusan buku yang penulisnya dari teman-teman teater Eska , naskah teater, kliping surat kabar, skripsi yang merujuk dan meneliti Eska sendiri, kostum, property, lukisan dll.


Gondrong. Mungkin inilah kesan pertama yang dipahami mahasiswa baru untuk mengenal ESKA, sebenarnya bisa dikatakan untaian panjang rambut kakak-kakak senior ini berbanding lurus dengan kreatifitas dan bermunculannya karya seni yang sudah mereka gubah dengan syahdunya. Terbukti, terpampang nyata dihadapan khayalak ketika event kemarin diadakan.

dunia digital yang semakin ogah-ogahan

Bu Labib punya nih

Saya rasa peran serta ESKA turut andil dalam membentuk karakter, mental dan penjiwaan para agen perubahan menghadapi tantangan zaman ini sungguh besar, olah rasa yang kadang sedikit dianggap remeh dalam dunia didik dan mendidik dan lebih mengedepankan olah raga sahaja. Besar harapannya kedepannya bisa bersinggungan dan lebih bersinergi sehingga faham- faham miring bisa dibrantas. Maju terus ESKA! jayalah cita dan harapanmu.

0 komentar:

Posting Komentar